8 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

0
52
Kesehatan Ibu Hamil
Kesehatan Ibu Hamil

Kehamilan bagi sebuah keluarga menjadi momen yang membahagiakan yang ditunggu -tunggu.  Namun, kehamilan juga berarti tanggung jawab yang lebih besar. Segala sesuatu yang terjadi pada ibu hamil kemungkinan besar akan mempengaruhi janin yang dikandungnya.  Kesehatan ibu hamil menentukan pertumbuhan dan perkembangan janin dan saat bayi lahir kelak.  Oleh karena itu, penting diketahui cara menjaga kesehatan tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisi ibu hamil.

Asupan nutrisi sangat penting saat ibu hamil.  Semakin besar kehamilan, maka semakin banyak yang dibutuhkan.  Agar lebih memahami pentingnya nutrisi, maka di bawah ini diuraikan 10 nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Kesehatan Ibu Hamil

1. Karbohidrat

Dalam tubuh, karbohidrat adalah penghasil energi.  Ini sesuai dengan kebutuhan ibu yang memerlukan energi lebih banyak untuk kehamilan.  Sumber karbohidrat alami yang banyak di sekitar kita adalah nasi, jagung, dan tepung terigu.

2. Protein

Protein merupakan zat pembangun dan pelindung tubuh.  Zat ini mengganti sel yang rusak dan memproduksinya. Kekebalan tubuh juga meningkat dengan cukup protein.  Fluktuasi hormon pada masa kehamilan yang mengakibatkan tubuh rentan terhadap penyakit sangat membutuhkan protein.  Sumber protein terbaik didapat dari ikan, tempe, tahu, dan daging.

3. Asam Folat

Umumnya dokter akan memberikan tambahan asam folat pada resep untuk ibu hamil.  Asam folat berfungsi untuk pembentukan tabung syaraf yang sempurna. Sumber alami asam folat banyak terdapat pada brokoli, bayam, kacang, dan pepaya.

4. Zat Besi

Mineral ini sangat dibutuhkan dalam darah dan meningkat kebutuhannya hingga 50% saat kehamilan.  Zat besi banyak ditemui pada daging merah dan sayuran berwarna hijau.

5. Serat dan Vitamin

Serat dan vitamin dibutuhkan agar ibu hamil tidak mengalami sembelit dan tidak mudah sakit.  Serat dan vitamin banyak terdapat pada berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

6. Lemak

Nutrisi lemak tetap dibutuhkan selama masa kehamilan.  Vitamin A, D, E, dan K tidak dapat larut dan diserap tubuh tanpa bantuan lemak.

7. Kalsium

Seperti telah diketahui bahwa kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi.  Penting untuk pertumbuhan janin. Kekurangan kalsium saat hamil membuat ibu hamil mempunyai masalah dengan tulang dan gigi.  Kalsium banyak ditemui jika mengkonsumsi sarden, jeruk, susu, dan togurt dan keju rendah lemak.

8. Yodium

Mineral Yodium tidak kalah penting dari mineral lain.  Pertumbuhan dan perkembangan janin dan bayi kelak tidak sempurna tanpa cukup Yodium.  Yodium banyak ditemui pada susu, rumput laut, kerang, dan ikan. Di Indonesia Yodium terdapat juga dalam kandungan garam dapur.

Demikian 8 nutrisi penting bagi ibu hamil.  Tentu akan sulit bagi Anda memperkirakan apakah kebutuhan tersebut sudah tercukupi atau belum.  Untuk itu, Nestle mempunyai solusi tepat. Untuk Ibu hamil tersedia Susu Mom&me. Susu yang mengandung karbohidrat, protein, dan mineral lengkap.  Berbeda dengan produk sejenis, Mom&me dilengkapi dengan probiotik Bifidus BL dan asam folat. Keduanya dibutuhkan agar janin tumbuh dan berkembang optimal.

Jadi, tunggu apalagi?  Untuk kesehatan ibu hamil dan janin, Nestle pilihan tepat.