5 Tips Sukses Mengambil Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta

0
71
kuliah kelas karyawan di Jakarta
kuliah kelas karyawan di Jakarta

Tak ada salahnya untuk mengambil pendidikan kuliah lagi setelah memasuki dunia kerja. Bekerja sambil kuliah kini justru menjadi tren dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa meningkatkan kompetensi dan mempermudah naik jabatan. Mudah untuk menemukan peluang kuliah kelas karyawan di Jakarta yang siap untuk menerima Anda.

Sukses Kuliah sambil Kerja

Perlu diketahui bahwa memilih untuk berkuliah sambil bekerja tidaklah mudah. Dua aktivitas ini tentu butuh energi besar untuk dijalani secara optimal. Berikut adalah 5 tips sukses yang bisa diterapkan agar bisa menjalani kuliah sambil bekerja dengan lancar tanpa hambatan:

  1. Diskusikan dengan Atasan

Hal penting untuk dilakukan saat akan berkuliah sambil bekerja adalah berdiskusi dengan atasan. Atasan di tempat Anda bekerja harus tahu bahwa Anda mengikuti perkuliahan sambil tetap bekerja. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa mendengar seperti apa pendapat atasan dan masukan apa yang diberikan oleh mereka.

kuliah kelas karyawan di Jakarta
kuliah kelas karyawan di Jakarta

Meminta izin kepada atasan juga penting karena akan mempermudah Anda menjalani kegiatan perkuliahan di tengah jadwal bekerja. Atasan bisa membantu Anda untuk mengatur waktu agar bisa berkuliah dengan baik tanpa mengganggu jadwal bekerja. Misalnya dengan melemparkan pekerjaan lain jika ada jam lembur yang bentrok dengan jadwal kuliah Anda.

  1. Atur Jadwal

Kunci sukses dalam segala aktivitas terletak pada keterampilan Anda dalam mengatur jadwal. Anda harus bisa menyusun jadwal kegiatan yang akurat sehingga semua kegiatan bisa terselesaikan dengan baik. Sediakan buku agenda yang difungsikan khusus untuk mengatur jadwal harian Anda. Tuliskan apa saja yang harus dikerjakan atau diselesaikan dalam waktu satu hari tersebut.

Perlu diketahui bahwa saat memilih berkuliah sambil bekerja, maka Anda akan berhadapan dengan jadwal kegiatan yang padat setiap harinya. Anda mungkin akan kewalahan jika tidak bisa mengatur jadwal dengan baik. Itulah mengapa penting untuk membuat catatan kegiatan harian agar semua bisa berjalan seimbang.

  1. Pilih Jurusan yang Sesuai

Ada banyak pilihan program kuliah kelas karyawan di Jakarta yang bisa Anda pilih. Sebelum memilih, pastikan bahwa program tersebut sesuai dengan profesi yang sedang anda tekuni saat ini. Pilih jurusan yang bisa mendukung karier Anda dan meningkatkan peluang untuk naik jabatan. Jangan sampai program kuliah yang diambil malah tidak memberi manfaat dan keuntungan apapun bagi Anda.

Misalnya, bagi Anda yang bekerja di bidang informatika maka bisa ambil program kuliah di STMIK IDS College. Anda bisa meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang dimiliki sehingga akan memperbesar peluang naik jabatan. Jika jurusan yang dipelajari sesuai dengan profesi, maka proses belajar juga pasti jadi jauh lebih mudah. 

  1. Harus Fokus pada Keduanya

Tidak boleh menganggap bekerja lebih penting daripada kuliah maupun sebaliknya. Kedua aktivitas ini harus berjalan seimbang dan sama pentingnya. Anda harus menempatkan dua hal ini sebagai prioritas yang setara. Jika prinsip ini dipegang, maka akan lebih mudah untuk mempertahankan keduanya berjalan seimbang. 

  1. Manfaatkan Kelas Online

Teknologi saat ini sudah semakin maju. Jika pihak universitas atau sekolah tinggi tempat Anda berkuliah menawarkan kelas online maka ambillah. Kelas online ini tentu akan sangat mempermudah Anda dalam menghemat waktu juga tenaga Anda. Anda bahkan bisa mengerjakan pekerjaan kantor sambil tetap mengikuti kuliah.

Itulah 5 tips sukses mengambil program kuliah kelas karyawan di Jakarta. Pastikan pilihan jurusan dan universitas sudah tepat. Pilih STMIK IDS College jika Anda ingin meningkatkan kompetensi dan pengetahuan di bidang ilmu komputer serta informatika.