4 Tips Mengolah Makanan Bergizi Untuk Anak

0
162
Makanan Bergizi Untuk Anak
Makanan Bergizi Untuk Anak

Makanan untuk anak memang tidak bisa dianggap enteng. Karena melalui makanan ini lah asupan gizi seimbang bagi anak dapat terpenuhi. Bagi sebagian Bunda mungkin mengolah makanan bergizi untuk anak bukanlah hal yang sulit. Namun tidak menampik, jika bagi sebagian Bunda lainnya, mengolah makanan bergizi untuk buah hati merupakan hal yang sulit.

Berikut ini 6 tips mengolah makanan bergizi untuk anak yang aman dan sehat, langsung saja yuk simak ulasan berikut ini:

Makanan Bergizi Untuk Anak
Makanan Bergizi Untuk Anak

source: https://www.dancow.co.id/dpc//sites/default/files/2018-09/9b8a48fcac4d01a289c270622dfda70bd72ded1d.jpeg

1. Mencari Pengetahuan Tentang Jenis Makanan

Wajib bagi Bunda mengetahui jenis-jenis makanan beserta kandungan gizi yang ada di dalamnya. Karena hal ini adalah ilmu dasar yang wajib Bunda ketahui sebelum mengolah makanan untuk buah hati. Bunda harus tahu jenis makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan sebagainnya. 

Setelah mengetahui jenis makanan beserta kandungan gizi didalamnya, Bunda juga wajib mengetahui ukuran gizi yang harus dipenuhi oleh anak setiap harinya. Hal ini sangat penting, supaya asupan gizi pada anak pas, tidak kurang dan tidak lebih.

2. Mengolah Makanan dengan Benar

Setelah mengetahui jenis-jenis makanan, Bunda juga wajib mengolah makanan untuk buah hati dengan benar. Perhatikan kebersihan alat dan bahan yang digunakan. Untuk membersihkan bahan makanan, misalnya sayuran, Bunda harus mencucinya terlebih dahulu sebelum dipotong dengan air yang mengalir. Usahakan memasak dalam waktu yang pas, supaya makanan memiliki tingkat kematangan yang pas.

3. Kreatif Mengolah dan Menyajikan Makanan

Jika anak tidak menyukai makanan tertentu, Bunda dapat mengakalinya dengan mengolah makanan menjadi lebih menarik atau bisa juga dengan mengkombinasikan dengan bahan lainnya. Misalnya ketika anak tidak menyukai kentang, Bunda dapat mengolahnya menjadi nugget atau mengkombinasikannya dengan bahan lain. Penyajian makanan juga harus diperhatikan, bentuk makanan sekreatif mungkin.

4. Menyimpan Makanan

Jika makanan bergizi untuk anak tidak habis dimakan sekaligus, Bunda dapat membungkusnya dalam porsi perorangan. Dan simpan dalam kulkas atau freezer. Untuk makanan yang dibekukan, Bunda perlu mencairkannya kembali dengan menghangatkannya kembali.

Demikian 4 tips mengolah makanan bergizi!