10 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Wajib Dicatat

0
30
tanda tanda mau melahirkan

Apakah Anda sudah masuk pekan mau melahirkan? Jika merasa tidak yakin, coba Anda hitung-hitung lagi masa kehamilan, ya. Jika sudah mendekati, sebaiknya catat berbagai tanda tanda mau melahirkan sebagai persiapan awal. Selain ibu hamil, suami juga wajib mengetahui tanda-tandanya.

Setidaknya ada 10 tanda yang harus Anda kenali. Nah, berikut ini, kami akan menjelaskan tanda-tanda tersebut sebagai persiapan untuk Anda dan pasangan.

tanda tanda mau melahirkan
Tanda tanda mau melahirkan

1.  Perubahan pada Tubuh

Menurut buku yang dibuat oleh Dr.Fredrico Patria, SpOG, bentuk tubuh ibu hamil menjelang , melahirkan akan terjadi perubahan. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormon.

Beberapa perubahan tersebut seperti tulang kemaluan yang melebar, payudara yang semakin membesar, dan beberapa perubahan lainnya.

2.  Nafsu Makan Meningkat

Pada beberapa kasus, menjelang kehamilan umumnya perempuan akan mengalami nafsu makan yang meningkat. Kondisi ini sama seperti waktu ibu hamil ngidam. Pada saat menjelang melahirkan, nafsu makan ini akan timbul kembali.

3.  Terasa Sakit di Bagian Punggung

Sakit di bagian punggung umumnya sering terjadi pada saat menjelang melahirkan. Hal ini dikarenakan adanya relaksasi tulang sendi dan juga ikatan-ikatannya. Selain itu, gerakan bayi yang menekan tulang belakang pun turut menjadi alasan kenapa kondisi ini terjadi.

4.  Muncul Naluri Keibuan Pada Ibu Hamil

Setiap ibu hamil yang akan melahirkan, umumnya akan langsung timbul naluri keibuan. Hal ini juga menjadi salah satu pertanda masa-masa melahirkan telah dekat. Beberapa tanda-tanda tersebut seperti menyiapkan berbagai perlengkapan bayi, membersihkan rumah, hingga memasak.

5.  Timbulnya Kontraksi

Kontraksi, atau perasaan mual biasanya terjadi menjelang persalinan. Kontraksi yang dimaksud disini yaitu kontraksi yang terjadi pada rahim. Kontraksi akan menjalar melalui pinggang, kemudian ke panggul. Biasanya, kontraksi ini akan terjadi sangat kencang dan mengakibatkan mulas pada perut.

6.  Perut Terasa Mengeras Ketika Dipegang

Perut yang mengeras merupakan salah satu cara alami tubuh ibu hamil untuk mendorong bayi dalam kandungan keluar rahim. Biasanya, hal ini dapat menyebabkan rasa mulas yang juga membuat perut terasa lebih mengeras dari biasanya.

7.  Timbul Flek Darah

Menjelang melahirkan, biasanya ibu hamil juga akan muncul flek-flek pada cairan vagina. Biasanya, di awal flek tersebut akan berwarna coklat, cokelat, hingga warnanya seperti darah. Jika ibu hamil sudah mengalami kondisi ini, maka sudah harus pergi ke rumah bersalin atau rumah sakit.

8.  Keluar Lendir dari dalam Vagina

Jika proses melahirkan segera tiba, biasanya vagina akan mengeluarkan lendir. Bahkan, lendir yang keluar akan semakin meningkat. Anda harus mengenalnya, karena, ini merupakan tanda-tanda awal Anda harus segera pergi ke rumah sakit, atau bidan terdekat.

9.  Muntah

Muntah bisa menjadi salah satu tanda bahwa ibu hamil akan segera menikah. Sepanjang masa kehamilan, ibu hamil biasanya akan sering mengalami kondisi ini. Bahkan, kondisi ini akan sering terjadi hingga menjelang melahirkan. Kondisi tersebut dikarenakan terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil.

10.  Pecah Ketuban

Ini bisa menjadi tanda terakhir bahwa bayi di dalam kandungan akan segera keluar. Bayi dalam kandungan akan dilindungi oleh suatu kantong yang berisi air ketuban. Nah, menjelang persalinan, kantung tersebut akan pecah. Akhirnya, cairan ketuban tersebut akan keluar dari rahim.

Dokter atau bidan akan menentukan kapan harus segera dilakukan persalinan. Karena, setelah ketuban pecah, bayi akan rentan terkena infeksi karena tidak terlindungi lagi oleh ketuban tersebut.

Demikian penjelasan seputar tanda tanda mau melahirkan yang wajib dikenali oleh setiap ibu hamil. Semoga penjelasan diatas menambah wawasan Anda agar bisa mengoptimalkan persiapan persalinan.